Cara Mempercepat Koneksi Internet

DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.

Penggunaan DNS Server ini tidak bertujuan untuk menggratiskan koneksi internet tetapi hanya untuk memaksimalkan kecepatan koneksi internet. Jika DNS mengarahkan Anda ke server di daerah lain untuk mendapatkan sumber daya, itu akan menghasilkan koneksi yang LAMBAT. Jika DNS lain mengarahkan Anda ke server terdekat, itu akan menghasilkan koneksi yang CEPAT. DNS menerjemahkan nama domain ke IP dengan kecepatan dibawah 5ms. Fungsi lainnya adalah membuka halaman web yang diblokir tertentu.

DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet di mana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen :
  • DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
  • recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
  • authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbaiki Error MD5 Mismatch di CWM

SFX & BGM - Mega Bundle Pack

Download Film Warkop DKI Episode Lengkap HQ